Sabtu, 28 Agustus 2010

Pause and Pondering

Mengenal Tuhan dan melakukan kehendakNya adalah kerinduan dan kesukaan hati Tuhan terhadap umatNya. Dalam yeremia 9:23-24 Beginilah firman TUHAN: "Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya, tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai, demikianlah firman TUHAN"

Rasul Paulus sangat menyadari hal ini, sehingga di dalam suratnya ia berkata, “Yang ku kehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitanNya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya" Filipi 3 : 10

Bagaimana kita dapat semakin mengenal Tuhan? Bagaimana kita dapat mengetahui kehendakNya, melakukannya dan terus berada di dalamNya?
Satu hal yang sangat penting dan harus kita lakukan untuk dapat makin mengenal Tuhan dan kehendakNya adalah mengambil waktu untuk melakukan “Pause and Pondering” yaitu berhenti sejenak dan merenungkan kehidupan kita.

Momen solitude seperti ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk berhenti sejenak, mengevaluasi ke belakang dan menetapkan rencana ke depan.

Tanpa refleksi dan perenungan kehidupan akan kehilangan artinya dan menjadi jenuh serta lelah. Tidak mengherankan ada begitu banyak orang Kristen yang memiliki banyak kesibukan-termasuk juga sibuk dalam pelayanan-tetapi merasakn kejenuhan dan kelelahan yang amat sangat. Tidak sedikit pula orang Kristen yang tanpa mereka sadari menjalani hidup hanya sebagai rutinitas dan pada akhirnya gagal mengerjakan kehendak Tuhan dalam hidup mereka. Pause and Pondering akan menolong kita untuk melihat dan mengevaluasi hidup kita semakin mengenal Dia dan kehendakNya bagi kita.

Bagaimana menikmati Pause and Pondering?
Ambil waktu yang tenang bersama Tuhan, berdiam di hadirat Allah. Hanya saudara dan Tuhan. Nantikan Tuhan dan lihat apa yang kemudian timbul adalam pikiran saudara. Dia telah menunjukkan kasih setiaNya pada masa lampau, nikmatilah sejenak sebelum saudara melangkah ke depan.

Dalam pause and pondering adalah mengingat-ingat kembali. Ketika kita melihat kembali seluruh perjalanan hidup kita, kita akan mulai melihat beberapa peristiwa dan pengalaman di dalam dan sekitar kita, yang menyetuh, menggerakkan dan berkesan. 
Dalam “pondering” kita mulai secara bertahap melihat arti, signifikan atau kenyataan yang terdalam dari berbagai peristiwa dan pengalaman kita. Kita belajar melihat peristiwa-peristiwa dari sudut pandang Allah.

TUHAN, Engkau menyelidiki dan mengenal aku; Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kau maklumi.
Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku; lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal! Mazmur 139:1,3,23-24


Marilah kita berhenti sejenak, mengevaluasi dan merefleksikan apa yang telah kita alami selama bulan ini. Kiranya menolong kita untuk makin mengenal Dia dan kehendakNya bagi kita serta meneguhkan hati dan memperbaharui komitmen kita kepadaNya.


Pembacaan Alkitab : 
Oleh kemurahan Allah kami telah menerima pelayanan ini. Karena itu kami tidak tawar hati 2 Korintus 4 : 1

Melihat kembali hidup dan pelayananku ...... Bulan yang lalu

  • Dorongan / semangat yang saya terima?................................
  • Kekecewaan yang saya alami?............................
  • Kemurahan Allah/sukacita yang saya terima?........................
  • Kepedihan / kedukaan yang saya alami?.......................................
  • Dari semua itu, apa yang menjadi semakin jelas bagiku?.........................
  • Apa yang menjadi semakin tidak jelas bagiku?.............................

  • Simpulkan apa yang dinyatakan Allah kepada kita melalui semua yang kita alami?............................
  • Hal apa yang Tuhan perjelas bagi kita? ................................
  • Apa yang akan kita lakukan untuk Tuhan melalui hidup kita?...................................


Ini merupakan bagian kecil nan simple yang dapat digunakan ketika kita mau solitude..
Walaupun simple, melalui pertanyaan-pertanyaan diatas, membuat saya kembali merenung dan mendapati there's God's homework for me.. :)
How about you?

Selamat menikmati Allah dalam waktu pause 'n pondering nya teman2...^^


2 komentar:

Anonim mengatakan...

Kamu bagus nulisnya! :-)
Baru mulai kan ya nulis blog?
I have 1 advice Dian: yang penting konsisten. Cukup gampang nulis beberapa kali, rasanya banyak yang pengen dibagiin dan semangat. Tapi susah utk konsisten nulis. Perlu disiplin utk merenung, berpikir dan tarik napas utk mulai nulis :-)
God bless you!

dian mailina mengatakan...

hai Ko Jeffry..... ni hao? :D

iya ko, dian baru banget bt blog >.< hihi jd malu :-*) terinspirasi dari blognya ko Jeffry nih hwhw...
yup,bener ko kadang suka males bt nulis, pdhl di otak udah byk, biasa klo lg dtg rajinnya tak tuangin di word wae tp blom berani dipublish hihi..

Msh harus banyak belajar dari tulisan2 blognya ko jeffry nih.. :)