Rabu, 11 Agustus 2010

Hormatilah orang tuamu

Hormatilah orang tuamu supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan Tuhan Allah pada mu…

Itulah bunyi hukum ke-5 dari 10 perintah Tuhan… Ingat akan perintah ini? ^^

Berlanjut gede, perintah ini jadi bener2 pergumulan semua orang kali ya. Misalnya ajah salah satu temenku yang juga lagi bergumul untuk ditambah-tambahkan kesabaran terhadap orang tuanya. Sepanjang perjalanan pulang dari geraja ku coba untuk mencari tahu Why? Kemudian berlanjutlah dia sharing mengenai kondisi salah satu orantuanya sehabis pemulihan dari gejala penyakit, yang semakin hari semakin manja, kekanak-kanakan, suka “kepo” dan masih banyak hal lagi. Tetep berpikir positif aku coba mencari tahu kira2 kenapa ya orang tuanya bisa seperti itu? Mungkin bisa saja gejala psikologi, yup, temenku ini bilang mungkin orang tuanya itu butuh temen bicara, tapi kali ini sangat berlebihan manjanya sampai2 terkadang dia omelin papanya.. >.<

Okey!!!.... aku sedikit banyak ngerti sih apa yang dia alami, karena aku juga pernah mengalami itu di rumahku but bedanya yang aku alami itu dengan pho2ku (nenek) hanya bedanya pho2 dengan papa temenku ini,pho2ku masalahnya lebih sensitive ajah, jadi lebih mudah untuk “ngambek” so, kadang suka ga jelas, tiba2 bisa diam sendiri tanpa kami tahu kenapa dia bisa seperti itu =.=a “ hahahaha…. (Terkadang bisa cengar cengir sendiri kalo sudah di kondisi seperti itu… =) )

Tapi setidaknya dari ayat firman Tuhan diatas ada satu hal yang aku pelajari bahwa Mau bagaimanapun kondisi nya kita tetep mesti kudu wajib hukumnya buat ngehormatin kedua orang tua kita atau orang yang lebih tua dari kita..

Sempat ku berpikir apa dan bagaimana maksud dari menghormati itu?
Cukup kah dengan bekerja keras dan menghasilkan uang banyak, lalu uangnya itu digunakan, diberikan buat orang tua, lalu yasudah yang penting kelanjutan hidup ortu kita kita yang jamin (dengan bangga nya).
Atau cukupkah dengan bilang yang penting ortu tetep gua jaga baik ga pernah marah2 dia, apa yang dia mau kita penuhi,  it’s enough???

Oou… ku pikir kata hormat lebih dari itu kali ya..
Hormat = Honor (NIV)
"Honor your father and your mother, as the LORD your God has commanded you, so that you may live long and that it may go well with you in the land the LORD your God is giving you.”

Yup, hormati orang tua artinya bukan hanya suatu syarat supaya kita bisa long life di dunia ini tapi hormat diartikan sebagai penghormatan dan ketaatan yang benar2 bukan untuk sesuatu yang diperlihatkan. Tapi bagaimana hati kita bener2 bisa give honor to our parents. Mungkin bagi yang merasakan seperti temen ku rasakan akan bilang "loe gak ngalemin apa yang gw alamiin sih!"

Oo.. Oke guys.. aku pernah denger suatu sharing yang cukup menguatkan bagaimana seorang cc ini belajar menjadi seorang anak dengan kondisi papa yang mengalami alzaimer stadium 4, bisa dibayangkan bagaimana dia dan keluarga harus ngehadapin perubahan prilaku papa nya berubah 180 derajat, but aku belajar banyak bagaimana dia dan keluarga terus tetep honor dan trus dengan tabah dan sabar mengahadapi tingkah laku papanya yang bener2 kayak anak2 bahkan (maap) kayak anak autis.. Walaupun terkadang emosi naik turun dan sangat teruji tapi aku belajar dari dia bagaimana dia terus belajar lebih pengertian dan cari tau lebih banyak lagi dari buku mengenai alzaimer, sehingga dia bisa lebih siap lagi menghadapi dan memperlakukan papanya dengan baik..

Hormatilah kedua orangtuamu… bahkan kalau menurut NIV nya tadi dibilang “as the LORD your God has commanded you.. Perintah ini langsung dari Tuhan lho >.<, sangat penting untuk menghormati orangtua, apalagi bagi kita yang masih diberikan kesempatan masih boleh merasakan punya orangtua sampai sekarang. Karena di zaman sekarang sangatlah mudah bagi kita untuk menghilangkan penghormatan kita kepada orang tua kita. Karena merasa lebih mampu, kadang respek terhadap orang tua menjadi berkurang. Kadang karena suatu kesibukan bisnis, pekerjaan, study atau bahkan pelayanan yang tidak bisa ditinggalkan hubungan antara orang tua dan anak menjadi terputus. Di sisi lain arus teknologi kadang membuat anak mulai tidak lagi menghormati orang tua. Anak merasa lebih pintar, lebih mengerti dan lebih kaya. Banyak kelurga yang berantakan, dan hancur karena si anak tidak lagi menghormati orang tuanya atau sebaliknya orang tua mengabaikan kasih sayangnya kepada Anak.

Pengalaman yang pernah aku alami baru-baru ini waktu liburan kemarin, aq juga dihadapkan padahal yang sudah aku ceritakan diatas tadi, tiba2 pho2ku diam ga jelas dan kami sekeluarga juga jadi aneh sendiri, akhirnya dalam perjalanan mau ke gereja bareng papa dan mama, aku iseng bilang kayaknya perlu ada yang ditumbalin deh, hahaha… papa ketawa dan papa bilang kenapa gak kamu yang jadi tumbal nya.. ____.____! Ooow.. dubrakxx…. Aku yang mesti jadi tumbalnya ya?? =.=a *salah ngomong nih… (oya pho2 ku sudah ibadah siang kami ibadahnya malam) Singkat cerita sepulang dari gereja, kami menyusun rencana agar dapat mencairkan suasana, dan intinya tidur malam hari itu aku tidur bareng dengan dengan pho2, emang sih aku dari kecil selalu tidur barengnya dengan pho2 tapi semenjak renovasi rumah jadi kami punya kamar sendiri2 sekarang, karena sudah jarang juga ga pernah tidur bareng dengan pho2, ya gak apa apa jg, sebelum tidur seperti biasa kami doa bareng dan disana pho2 banyak sekali cerita dan sharing2.. sampai ketiduran… Dalam hatiku aq cuma bisa say Thanks to God for this moment.. aku belajar banyak dari pengalamannya pho2 u yang selama ini dia gak pernah ceritakan.. :)

Tidak hanya dengan hartamu, kamu dapat merasa dan berpikir bahwa kamu sudah menghormati orang tuamu dan layak untuk itu, tapi berilah Telingamu lebih lagi, Kasihmu lebih lagi, Perhatianmu lebih lagi, WaktumuPengertianmu lebih lagi dan lagi… 

Ingat kembali waktu kita kecil bagaimana mereka tanpa keluh membersihkan kotoran kita, menyuapi kita makan dengan tangan mereka sendiri tanpa mengomeli kita, dan menggendong kita sampai dini hari tanpa lelah yang ada penuh kuatir sewaktu kita sedang sakit, dengan penuh Kasih  Sayang mereka melakukan itu.

Let's come and join in God’s school, especially for this lesson.. ^.^
Selamat belajar guys, dan aq pun masih harus terus belajar untuk mata pelajaran ini…
 

“Taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu ini adalah suatu perintah yang penting, yaitu supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi” (Efesus 6:1-3).

3 komentar:

Ida Ratna mengatakan...

likes this post :D

dian mailina mengatakan...

terima kasih ida... ^^..
msh lg belajar buat postingan blog yang berguna.. hehe.. like u lah..

Ida Ratna mengatakan...

sama2 belajar ^^

salam, blogger.. hahaha...