Minggu, 20 Februari 2011

God's Observation Report..

Seperti yang pernah saya ceritakan, mengenai laporan pengamatan yang merupakan job desk tiap bulan di sekolah saya.. Jujur secara teknis, sulit untuk dapat mengamati anak sebanyak 36 anak dan harus me-report dalam setiap 1 bulan sekali. Kalaupun sampai saya bisa menikmati perubahan anak-anak saya, yahh itu karena saya telah mengamati selama 1 semester lebih untuk tahun ini.. Tapi seandainya ditanya bagaimana proses tiap kali menulis laporan tersebut, Jujur! sekali lagi itu sulit sekali.. 

Seringkali saya dapati saya hanya dapat terdiam di depan computer tidak tahu apa yang akan saya ketik di laporan pengamatan itu untuk saya laporkan. Terkadang sambil mengingat-ingat/flashback kondisi anak-anak dan tingkah laku mereka 1 bulan lalu. Tapi tetap saja saya terkadang bingung dengan apa yang akan saya laporkan dari pengamatan bulan ini. >.<"... Terkadang juga, perlu kepekaan tingkat tinggi agar dapat peka dengan kondisi anak dan perubahannya sehingga kita tidak subjektif melainkan objektif dalam melaporkan hal tersebut.

Ada pepatah bilang paling mudah mengingat anak yang ekstrim-ekstrim.. Yahh, ekstrim bodohnya atau ekstrim pinternya, ekstrim nakalnya atau ekstrim pendiamnya, ekstrim bandelnya atau ekstrim baiknya.. Itulah anak-anak yang paling mudah diingat atau diidentifikasi. Haha…

Sewaktu lagi tidak punya ide sama sekali apa yang akan diketik di laporan pengamatan untuk anak saya. Seketika terhentak dalam benak saya, “Em.. kira-kira Tuhan punya Laporan Pengamatan tidak ya? Terus kalau Tuhan punya laporan pengamatan kira-kira laporan pengamatan untuk anak yang namanya Dian Mailina, piye yaa??"... *melamun sekaligus berpikir..

Merenung sekaligus malu dengan Tuhan
Kalau seandainya Tuhan punya Laporan Pengamatan untuk dian, kira-kira apa ya yang akan Tuhan tulis tiap bulannya terhadap dian??... Apakah Tuhan akan menulis sesuatu hal yang baik karena terjadi perubahan hidup  yang baik, terjadi perubahan yang menyenangkan hatiNya, semakin dekat mengenal Dia, semakin menikmati Dia.. Atauu malah laporan pengamatannya Tuhan semua berisikan tentang hal yang menurun karena yang terjadi hanyalah penurunan, tidak mau dengar-dengaran dengan Dia , tidak mau semakin dekat mengenal dengan Dia, hidup tidak berkenan semau-maunya, hidup hanya untuk 'aku'... Atauu.... Tuhan malah bingung karena ini anak tidak ada perubahan sama sekali, semuanya datarr.. 
Emm

Iya yaa… kalau Tuhan punya Laporan Pengamatan, apa ya yang akan Tuhan tulis di Laporan Pengamatan Hidupmu??....


Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, 
demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati (Yakobus 2:26)

-d^^-

Tidak ada komentar: