Minggu, 22 Juli 2012

Gagal itu wajar..


Gagal itu wajar..

Jarang sekali kita mendengar kata-kata tersebut, yang sering kita dengar adalah Kamu harus menjadi orang sukses, “If You Dream it, You can Do It”. Kata-kata motivasi dan kata yang bernada positif serta mendorong seperti hal di atas ini tidaklah salah, namun persoalannya sepertinya kita jarang sekali memberikan edukasi kepada anak-anak, adik-adik kita atau bahkan kepada diri kita sendiri bahwa Kegagalan adalah sesuatu yang wajar.

Terlalu seringnya pemahaman positif pembangkit semangat yang masuk dalam pemikiran dan telinga orang zaman sekarang, menyebabkan terlalu rapuhnya mental mereka untuk menerima sebuah kekalahan atau kegagalan. Gagal identik dengan sesuatu yang berarti kalah. Dan manusia mana yang ingin kalah? Setiap manusia ingin sesuatu yang semakin hari semakin menanjak tinggi.

Pemahaman yang salah mengenai gagal terkadang dapat menyebabkan mental orang juga menjadi mental penakut. Semakin sering penekanan orangtua terhadap anak harus menjadi nomor satu dan sukses menjadikan harapan orangtua tersebut menjadi harapan si anak. Anak menjadi orang yang result oriented. Akibatnya ketika suatu kali ia tidak mendapatkan hal yang ia idamkan tersebut maka terpuruk jugalah 'sakit' anak itu. Jika tidak diobati dengan benar maka sangat mudah bagi anak untuk menjadi penakut yaitu takut gagal.

Pembelajaran dari keluarga terutama orangtua sangat diperlukan dalam hal mendidik anak-anak dan memberitahu anak-anak bahwa dalam hidup ini tidak adil. Life is not fair. Hidup ini tidak adil dimengerti dalam konteks  kehidupan manusia di dunia yang penuh dosa ini menjadikan anak-anak sangat mudah untuk mendapatkan sesuatu yang tidak harapkan. Kenakalan teman , kejahatan yang tidak pada tempatnya, dan kegagalan. Semua hal yang bernada negative adalah sesuatu yang wajar. Hal ini bukan berarti kita sedang mengajarkan pahan pesimis dan takdir. Namun membukakan kepada anak-anak bahwa inilah realita dari akibat dosa, siapa saja dapat menjadi korban dari dunia yang tidak sempurna ini.

Kegagalan dalam ritme kehidupan manusia yang mengerjakan mencapai sesuatu adalah wajar. Wajar karena kegagalan merupakan suatu proses bagi kita. setiap hal yang kita alami dalam hidup ini baik yang enak maupun yang tidak enak adalah proses. Kita sedang mengajarkan kepada anak-anak mengenai apa artinya dan bagaimana prose itu.

Ketika gagal terjadi, bukan berarti kita menjadi loser dan kalah, namun kita sedang diajak berproses di dalam setiap proses gagal untuk mendapatkan sesuatu yang jauh lebih berharga dibandingkan sebuah kesuksesan, yaitu pembelajaran hidup. Di sini  kita tidak sedang mengajarkan anak-anak untuk mempunyai mental gagal dan cepat berpuas diri. Namun bagi anak yang memiliki kecenderungan prefeksionits sangat mudah juga bagi anak itu untuk tidak dapat menerima yang namanya gagal. 

Kegagalan adalah sesuatu yang wajar dan proses yang akan membentuk kita menjadi pribadi yang lebih hidup. Bangkit dari kesedihan akan kegagalan dan menata kembali kehidupan dengan pelajaran kehidupan akan menjadikan hidup ini lebih bermakna. 

Hidup yang dimiliki anak-anak bukanlah hidup untuk dipenuhi ambisi arang tua dan ambisi anak itu sendiri. Melainkan peran orang tua adalah bagaimana membimbing anak-anak mereka untuk memiliki hidup yang dipenuhi dengan tujuan dan rencana Sang pencipta-Nya. Karena setiap manusia adalah unik dan berharga setiap manusia memiliki agenda Allah dan seharusnya menjalan agenda yang Allah telah agendakan tersebut, bukan agenda pribadinya. Dalam menjalankan agenda Allah, Allah yang benar dan tidak pernah salah tersebut memegang control penuh dan dalam kedaulatan anugerahNya Ia mengizinkan kesuksesan dan kegagalan menjadi bagian proses untuk membentuk anak-anak menjadi pribadi dengan agenda Allah.


Jika kita mengalami sebuah kegagalan hal itu adalah wajar dan kita sedang berproses di dalamnya dan jika kita mengalami kesuksesan hal itu adalah Anugerah dari Allah dan kita juga sedang berproses di dalamnya.


1 komentar:

Blog27999 mengatakan...

Ok...

This may sound really weird, and maybe even a little "strange"

WHAT if you could simply press "PLAY" to LISTEN to a short, "magical tone"...

And suddenly attract MORE MONEY to your life?

And I'm really talking about hundreds... even thousands of dollars!

Sound too EASY? Think something like this is not for real??

Well then, I'll be the one to tell you the news.

Sometimes the most magical miracles in life are also the EASIEST!

Honestly, I'm going to provide you with PROOF by letting you PLAY a REAL "magical wealth building tone" I've synthesized...

And do it FREE (no strings attached).

You simply hit "PLAY" and the money will start coming into your life... it starts right away...

TAP here NOW to PLAY this wonderful "Miracle Money Sound Frequency" - it's my gift to you!